Senin, 21 Februari 2022

Vacay to Bali!

Okaaaay, mumpung gue lagi free dan gabut di kantor, gue bakal lanjut bahas vacation yang sebelumnya (Holiyay to Lombok), walaupun yup I know no one gives a fuck πŸ˜†

Jadi, gak lama nyampe di pelabuhan di Bali, kami turun buat dicek hasil antigennya. Ini awalnya gue agak takut sih, karena sampe disuruh turun bus gitu (padahal bisa di kursi aja gaksih?), trus dijaganya emang sama aparat yang bawa pistol gede banget 😐 Jadi hasil antigen (hardcopy) dikumpulin, lalu yang namanya dipanggil baru bisa naik lagi ke bus. Jadi emang gak sembarangan guys, bener-bener dicek πŸ‘
Gue lupa nama pelabuhannya, cuma sempet foto ini

Foto yang tadi gue ambil -+ jam 17.15. Setelah naik baru deh bus ini muterin ke rutenya. Kami turun di sekitar Kuta -+ jam 18.50an. Sempet nunggu dipinggir jalan buat mesen gocar buat ke hotel, tapi ternyata ada bapak-bapak nawarin buat nyarter mobilnya, cuma 100rb buat berempat, yaudah ambil dong karena kami pikir murah. Nunggu 5 menitan eh yang dateng apaan coba? ANGKOT! wkwkwk gue ngakak asli, kirain mobil sedan biasa, minimal avanza kek, ternyata angkot guys wkwkwk. Cuma yowes lah udah terlanjur, mau ga jadi juga ga enak. πŸ˜‚

Sempet-sempetnya dong gue motret Ardi di angkot carteran

Sampe hotel kira-kira jam 19.30an (udah termasuk checkin, bawa koper dll). Alhamdulillah banget bisa rebahan, walaupun awalnya sempet kesel sama pihak hotel karena tipe kamar yang disediain beda sama yang kami pesen πŸ’” karena udah keburu capek yaudahlah ya. Gue baru nyadar, hotelnya ternyata deket banget sama Bandara Ngurah Rai, cuma 5-10 menit, sebrang & samping hotel juga ada atm & minimarket yang mana itu bakalan kami butuhin banget di sana.

Malem itu abis unpack barang-barang kami ber4 janjian buat cari makan malem bareng. Jalan kaki disepanjang jalan. Sempet searching2 makanan pinggir jalan gitu eh pas disamperin ternyata tutup dong, mana pas jalan bareng2 tuh cowo gue sempet ditawarin pijit sama mba-mba yang kayaknya itu buat pijet plus-plus, agak kzl dikit ya bund πŸ’©πŸ’©πŸ’©

Karena tutup kami terpaksa jalan kaki tanpa arah dan tujuan(?) trus masuk-masuk gang gitu dan malah ketemu jalan raya lagi. Kali ini jalanannya bener-bener rame dan banyak tukang jualan gerobak pinggir jalan gitu, alhasil kami makan nasgor + es teh poci. Balik ke kamar dengan keadaan kenyang, alhamdulillah malem pertama went so smooth~

DAY 6 - 30 Desember 2021

Hari ke-2 rencana kami yakni: NUSA PENIDA!

Btw, gue nyari tour penida tuh dari IG dan dari kenalan yang emang udah pernah ke sana. Kami mutusin untuk pake jasa tour rekomendasi dari temennya Ulfa, sengaja pilih itu karena terbukti asli bukan nipu. Sayang bund, kena 450.000/orang wkwk πŸ˜… Buat yang mau tau, gue pake jasa tour (@nusapenida.seaview on Instagram). Jujur ini pertama kalinya gue ke Nusa Penida, selalu kepo dan pengen banget, ga nyangka kesampean bareng orang tersayang πŸ’–

Info dari travelnya tuh jam 6.30 udah harus sampe Pelabuhan Sanur. Jam 5 pagi kami udah mulai siap-siap dan berangkat sekitar jam 6kurang. Kami naik gocar yang ternyata drivernya itu buka jasa anter jemput, bahkan sampe dikasih nomor beliau supaya pas jemput pake jasa dia lagi dengan tarif disesuain dengan harga di aplikasi gojek.

Sebelum sampe gue udah di kasih tau pihak travel untuk ketemu sama yang namanya Bli Ketut. Gue chat via Whatsapp sama dia buat ketemua, akhirnya ketemu dan dibantuin antri untuk diambilin tiket untuk naik fastboat.

Bli Ketut yang pake kacamata item (seinget gue) πŸ‘€

Setelah doi ngantri, kami dapet lanyard(?) dan tiket berbentuk kertas gitu.

Dapetnya Wijaya Buyuk, banyak juga sih yang lain, ada 20an lebih mungkin.

Ini pemandangan depan ruko-ruko yang nyediain jasa fastboat

Sebelum kami berangkat, Bli Ketut foto kami ber-4, fotonya itu buat dikasih ke TourGuide pas sampe di Penida.

Setelah nunggu kurang-lebih 10 menit, ada pengumuman untuk penumpang atas nama boat 'Wijaya Buyuk' naik deh tuh, tapi wajib buka sepatu sebelum naik guys, kayaknya biar gak hanyut kebawa ombak. Di dalem boatnya ya dipake lagi. Jujur awalnya di dalem agak eneg karena goyang-goyang banget, tapi setelah kecepatannya nambah sih untungnya biasa aja ya. Btw perjalanan dari pelabuhan sanur ke penida (pelabuhan buyuk) makan waktu -+ 1 jam.

Horeeee sampe dengan keadaan panas banget! Udah seneng nih gue, t-tapi....πŸ˜₯

Nah, pas sampe Pelabuhan Buyuk, udah banyak Tour Guide bawa papan nama gitu, gue kudu nyari atas nama 'Siska', ketemu! Sayang banget gak ada foto/video nya wkwk.

Ketemu tuh bapak-bapak bawa papan nama atas nama gue, ternyata namanya Pak Komang, kami dianter ke mobil avanzanya, jadi tournya itu ya buat kami ber4 aja, ga ada tambahan orang lain. Di sana ada beberapa warung dan toilet (bayar 2 rebay wkwk).

Tujuan pertama itu Paluang Cliff. Kalo kalian search, ada semacam kapal kayu gitu buat foto. Nah kan hampir semua orang di Penida itu pake travel ya, jadi banyak juga kan yang ke sana, bedanya yaa urutan destinasi aja. Nah pas di sana tuh ternyata ambil urutan ngantri untuk foto, dan pas Pak Komang ambil tuh ternyata kami masih harus nunggu belasan orang lagi. Sejujurnya gue gapapa nunggu, tapi pak komang nyaranin buat ke tempat lain aja dulu.

Kami mutusin buat ke Kelingking Beach. Jarak dari paluang cliff ke kelingking beach lumayan jauh, kudu naik mobil lagi. Pas nyampe tau gak.........MULAI MENDUNG DONG. Anjir selalu apes nih gue liburan kena mendung mulu fakkk. Mana gue diminta bantu urusin online meeting via google meet. πŸ’”

Kelingking Beach

Sebelum sampe gue agak panik. Karena gue harus ready googlemeet tapi sinyal indosat tuh ga ada, alhasil gue sampe minta tethering ke pak komang dong wkwkwk.

Pas sampe yaudah kan foto-foto mumpung masih ada sinar, fotonya gantian tuh, dibantuin foto sama pak komang juga. Foto sendiri, foto berdua, ber4 juga. Ketika yang lain foto-foto, gue sibuk urusin gmeet, cukup kesel sih, depan gue ada pemandangan indah banget tapi terpaksa harus liat ke layar hape. Gak lama tuh gerimis lumayan gede, alhasil kami langsung turun ke mobil dan mutusin buat makan siang.

Ohiya di travel ini tuh udah include makan 1x, jadi travelnya udah kerja sama dengan restoran sekitar Pulau Penida.

Menu seadanya sih cuma ini, yang penting kenyang lah ya

Pemandangan pas makan adalah....ayang + hutan tipis-tipis πŸ˜‹

Di sini gue masih harus standby 1 meeting online lagi, sempat panik dan badmood karena sinyal susah + Pak Komang entah kemana, jadi ga bisa tethering :") but alhamdulillah beres juga.

Kelar makan kami ke destinasi selanjutnya yaitu Angel Billabong. Di sini alhamdulillah udah gak ujan, mendung juga udah mulai berkurang. Gak rame-rame amat tapi sejujurnya gue agak malu buat foto wkwkwk.

Ardi and Galuh.

Di sini juga foto bergantian. Nah trus tuh sebenernya kita bisa dan boleh aja turun ke bagian bawah, tapi sayangnya pak komang agak buru-buru buat ke destinasi selanjutnya. Jujur agak disayangkan sih, tapi ya gimana....namanya juga one day trip. Pak Komang takut gak keburu untuk sampe destinasi terakhir (snorkeling).

Kelar dari Angel Billabong, kami naik mobil lagi, yakni ke Broken Beach. Jalan ke spotnya tuh agak turunan banget gitu, campuran batu, tanah & aspal. udah paling bener pake sepatu / sendal gunung. Di sini mulai mendung lagi, ada sekitar 2-3 antrian untuk foto di spot terbaik.
Gue sempet motret ini sambil nunggu giliran foto.

Fotonya agak kurengggg wkwk but at least punya lah ya foto ber4 di sini.

Gak lama setelah foto tuh mulai gerimis lagi, alhasil lari + nanjak buat ke mobil wkwkw. Selanjutnya kami berniat snorkeling. Perjalanan cukup jauh naik mobil untuk sampe ke Pelabuhan Toya Pakeh.

Pas sampe tuh udah ada sekitar 20 orang yang baru kelar snorkeling juga. Di situ ada 1 ruko kecil tukang jajanan dan mie & kopi sedih + kamar mandi buat ganti baju dan bilas. Di sana tuh pak komang 'ngoper' kami ke 2 orang yang akan bawa kami snorkeling, ada 2 mas-mas gitu.

Setelah ganti baju, kami naik ke boat ukuran sedang. Di situ dikasih 1 botol aqua ukuran kecil + langsung dikasih pelampung & kacamata snorkeling satupersatu.

Sengaja disensor, btw ketek gua cakep deh di sini wkwk
thanks to ZAP clinic (gak diendorse)πŸ˜†

Ada 2 lokasi tempat kami mau nyelem(?) sayangnya gue lupa namanya wkwk. Di lokasi pertama tuh agak mepet dengan batu gede banget, tapi masyaAllah pas liat ke bawah banyak banget terumbu karang & ikan yang cakep-cakep berwarna-warni, ada anemon laut juga.πŸ˜³πŸ’—

Yang ngeselin adalah....gue ngerasa kok gue selalu kelolodan ya? kek...tiap 20 detik tuh gue ngerasa kemasukan air. Padahal Ardi, Galuh & Ulfa tuh bisa-bisa aja nafas. Alhasil setiap nyelem gue mutusin buat nahan nafas aja πŸ’©

Sebelum ke destinasi ke-2, gue lapor ke mas-masnya, minta tuker kacamatanya karena kayaknya bocor. Pas dituker bener dongggg gue bisa napas, ternyata yg sebelumnya tuh beneran bocor 😀 di destinasi ke-2 juga ga kalah gila ikannya. Banyak banget macemnya, warnanya juga terang-terang banget, banyak banget ikan yang belum pernah gue liat sebelumnya. Gokil 😍

Kelarnya pas abis pada bilas & ganti baju langsung pada minum tolak angin + antimo, takut mual di fastboat wkwkwk πŸ˜†

Ohiya pas nyelem tuh kami sempet difoto gitu pake go-pro. Dan pas balik abis bersih-bersih kami dikasih tau kalo ternyata gopronya error, jadi kami gak ada foto sama sekali pas nyelem. WHATTTTTT. Kesel banget gksieee,,,,,,,,,,??!! Tapi kata Pak Komang jadinya kami gak usah ngasih tip/bayar lagi, sebagai tanda maaf. Huh, yowes lah :(

Kelar snorkeling langsung balik ke Pelabuhan Buyuk lagi, tidak lupa pake lanyard lagi (yang dikasih pak komang), dan balik ke Pelabuhan Sanur.

Ada Gunung Agung ngintip 😍

Pas sampe Pelabuhan Sanur sebenernya pengen banget makan di Warung MakBeng yang cukup terkenal, katanya sih enak-enak, trus gue liat-liat dari luar kayaknya tempatnya juga oke. But.........gila rame banget, entah waiting list berapa banyak. Kebetulan juga Ardi udah contact driver gocar yang ternyata dia udah sampe untuk jemput kami bahkan sebelum kami mendarat di Pelabuhan Sanur. Jadilah langsung balik πŸš•, seinget gue balik-balik lgsg gofood mekdi deh, karena udah capek banget, ga kuat nyari makan lagi di luar alais TEPAAAARRRRπŸ˜…

kenang-kenangan foto sama Pak Komang 😁

DAY 7 - 31 Desember 2021

Destinasi ke-3 adalah GWK dan Uluwatu Temple!

Setelah pagi sarapan di hotel, kami leha-leha dulu di kamar. Jam 11an baru deh berangkat ke GWK. Agak disayangkan lagi, padahal gue pengennya tuh berangkat dari pagi, ke destinasi mana kek, sayang banget gak sih 4 jam terbuang sia-sia cuma buat rebahan di kamar :( Tapi yaa gimana, mereka ber-3 maunya berangkat siang, mau gak mau gue ikutin mereka.

Nyampe GWK langsung parkir motor yang sejak pagi kami sewa (alesannya sama kayak pas di lombok wkwk, sayangnya vespa fullbookedπŸ’”), abis markir kami masuk buat checkin pedulilindungi, abis itu masuk antrian buat naik mobil jemputan untuk masuk ke tempat pembelian tiket.

Pas nunggu mobil iseng motret ini, gemes temporary tatonya πŸ˜ πŸ’–

Ini pas mau dianter ke gate utama

Ardi di loket, pengen paket yang 200rb/4orang ternyata cuma bisa buat KTP bali wkwk saddddπŸ‘½
jadinya beli tiket yang 85rb/orang udah dapet welcome drink

Ini foto diambil dari tempat ambil welcome drink, bentuknya kayak resto gitu. Cuma bisa ambil 1 gelas, ga bisa refill seinget gue wkwk. Btw dari loket ke sini jalan sekitar 300-400meter

Ardi di pintu masuk utama πŸ˜—

Baru masuk langsung cari spot foto-foto pastinya wkwk, alhamdulillah dapet beberapa foto yang cukup bagus untuk dipost di feed instagram wkakaka

Foto-foto di spot lain
danggg my man looks good even from the back πŸ˜³πŸ‘‰πŸ‘ˆ

Sempet nemenin ni bedua scooteran, gue ga ikut karena pengen selonjoran wkwk, capek & laper juga guysss, jadi selagi mereka main, gue & Ardi mutusin buat makan aja

Gue makan bakso, sedangkan Ardi makan siomay. Lupa berapa harganya, yang pasti cukup mehong dengan porsi se-uprit itu

Ini posisi rumah makannya pas banget di depan gerbang utama pintu keluar, trus gue sempet jajan sbux dulu di sana, abis sbux kami caw untuk nonton tari kecak di Uluwatu Temple. Yeay!

Btw, sedikit info dari Galuh yang emang bisa 'liat', katanya karena gue pake pakaian minim (atasan tanktop doang), gue diikutin makhluk kasat mata selama di GWK, untungnya gue ga ngerasa apapun, cuma ngerasa pegel doang pas perjalanan ke uluwatu temple. Katanya sih pas sampe temple si Galuh bantu ngusir supaya gak ikut gue terus-terusan, idk sih wkwk ngeri dan percaya ga percaya sih gue.

Ohiya untuk nonton tari kecak ini kami mesen tiketnya via Tiketcom ya, dan itu rebutan wkwk, kami mesen hari H pagi-pagi jam 9an untung masih ada.

Nyampe Uluwatu Temple tuh kami langsung parkir motor, abis itu ke loket, nah sebelum masuk kami dikasih kain warna ungu (untuk bawahan, bagi yang pake bawahan pendek di atas lutut), dan kain tipis warna oren untuk yang pakaiannya udah tertutup. Gue sama Ardi dapet ungu wkwkw karena emang gue pake rok selutut sedangkan Ardi pake celana pendek selutut πŸ˜…

Abis pake kain langsung tiket scan barcodenya. Trus agak jalan dikit dan di situ udah cukup banyak orang yang kumpul. Mereka nungguin orang yang isi data untuk dapetin tiket masuk.

Nah pas kami agak jalan sedikit ke dalem, kami ketemu bapak-bapak lagi jalan ke arah berlawanan gitu, pas kami tanya tentang penukaran tiket fisik, ternyata...........dia yang ngurus WKWKWK kebetulan sekali.

Ardi dengan kain ungunya. He looks sooo freaking good hellooo????

Langsung deh kami ikutin bapak-bapak itu, kami malah diurusin duluan dari pada puluhan orang yang udah sampe duluan πŸ˜‚ alhamdulillah cuma ngantri sekitar 5 grup, sampe akhirnya sampe di tempat duduknya. Gue emg ngincer mau masuk duluan biar bisa dapet spot yang gue pengenin. Alhamdulillah kesampean dong!~
Walaupun gak terlalu tengah, tapi spot gue ini pas banget arah matahari terbenam, emg ngejar sunset sih gue wkwkw

It looks prettier if you see it by your own naked eyes

Dikasih panduan juga sebelum acara dimulai, intinya ttg jalan cerita dari tari kecak

Oh iya pas baru mulai tuh ada bapak-bapak baju putih ngelakuin ritual, kayaknya buat nangkal hujan. Nah gak lama tuh ada awan hujan dateng. Keliatan jelas dari jauh awannya menghujani laut, jelas banget perbedaan antara wilayah yang hujan & yang gak hujan. Pertama kali banget gue liat dengan jelas. Trus awannya sempet dateng ke arah kami, alhasil kena gerimis yang UNTUNGNYA cuma bertahan sekitar 15 detik doang, sooo I guess the ritual actually worked???😏

Yang lain banyak yang bangun dari tempat, gue sama Ardi stay dooong wkwk si paling persiapan πŸ˜†

Mas-mas samping gue bahkan nanya "Mba, jas hujannya beli di mana?" gue jawab "Oh, ini bawa dari rumah mas" wkwkwk. Team prepare for the worst banget yhaa~~

tarian udah di mulai, ini udah mau jam 6, mataharinya juga sempet ketutup awan

Ini pas udah mau selesai, seruuuu sekale 😍

Setelah pertunjukan selesai, semua penonton diperbolehkan buat foto sama semua pemain penari kecak

Ini cek kamera wkwk gelap ya bukkk

Cek kamera sekali lagi depan lampu sorot, mayan terang lah y

Pas foto lampu sorotnya ketutupan orang2 yang ngantri foto wkwk
yowezz burem seenggaknya tetep ada kenang2an bareng Hanoman wkwk

Passs banget nih ya, 5 menit setelah acara selesai langsung gerimis dong??!! Orang-orang langsung pada lari ke parkiran, mana udah gelap banget wkwk untung rame, jadinya gak serem-serem amat. Yang lebih menakutkan adalah........monyet! Yes, banyak banget monyet berkeliaran sekitar Uluwatu Temple ini, puluhan mungkin, kalo dikumpulin semua mungkin ada seratus lebih wkwk iya sebanyak itu dari monyet ukuran kecil bgt sampe monyet dewasa dilepas gitu aja. Ngeri barang kita ada yang ditarik sebenernya wkwkw, saking banyaknya tuh mau jalan rada ngeri disamperin genk monkey ini, mana gelap pula.

Kami keluar pintu utama sekitar jam 18.30 ini posisinya udah pake jas ujan karena gerimis. Sempet mampir isi bensin juga di warung pinggir jalan. Ada bule juga yang lagi minum2 di samping warung trus ngajak kami ber-4 gabung wkwk tp karena udah sore dan udah laper banget kami mutusin buat cusss ke arah hotel lagi.

Gue & Ardi mutusin buat makan di Mie Gacoan Jimbaran, sedangkan Galuh & Ulfa makan di--- entah dimana wkwk pokoknya kami misah deh. Btw ini pertama kalinya gue & Ardi makan mie gacoan, sengaja pilih ini karena kepo rasanya + katanya murah + searah pulang + banyak meja kosong, jadilah di sini. Gue & Ardi mesen cukup banyak macem, gue paham sih kenapa orang pada doyan banget, ternyata emang enak + murah banget, tempatnya juga nyaman. Gue dan Ardi stay sampe jam 8an.

Sempet motret ini juga buat instastory wkwk
Btw ini malem tahun baru, 31 Desember 2021

Gue lupa nyampe hotel jam berapa, kayaknya jam 9an. Trus karena ini malem tahun baru, kami ber-4 janjian buat keluar. Sayangnya kami keluar terlalu malem(?) jam 22.30 baru caw dari hotel, rencana kami yang tadinya pengen di pinggir pantai kuta tuh gagal karena banyak jalan ke arah pantai yang ditutup (karena emg masih pandemi), trus mau cari jalan lain udah gak keburu karena jalanan penuh dan muaaaceeetttt banget πŸ’© Karena kesel macet kami balik ke hotel lagi buat naro motor dan mutusin buat jalan kaki aja, tapi itu udah jam 11.30an seinget gue. Ya jelas gak keburu dan berakhir tahu baruan jam 12 WITA teng tuh di jalan raya wkwkwk, karena udah kezelll dan capek jadinya balik ke kamar masing-masing. Sangat disayangkan karena janjiannya terlalu malem, andai aja bisa lebih awal 😒

DAY 8 - 1 Januari 2022

Tujuan kami  di hari itu adalah: Kintamani & Pasar Seni Ubud!

Kami berangkat sekitar jam 9 pagi dengan destinasi pertama Akasa Kintamani Coffee lewat jalur Ubud. Perjalanan makan waktu -+ 2 jam, agak macet di jalan + motor yang gue pake kayak ga bisa ngebut gitu wkwkwk sampe akhirnya kami sampe di lokasi, TAPI..........penuh banget guys. Maklum lah ya tempat hitz 😩 Ini untung banget kami bawa motor jadinya bisa nyalip + gampang kalo mau pindah tempat (gampang masukin & keluarin kendaraannya), karena jalan rayanya cukup sempit, padahal banyak resto & coffee shop hits. Intinya jalanan tambah sempit karena kendaraan parkir.

Karena nanggung udah sampe Kintamani, kami cari coffee shop lain yang masih sederetan Akasa, jadi lah kami milih Kava Kintamani, walau intertior tempatnya gak sebagus Akasa tapi oke juga sih, pemandangannya ke arah Gunung Kintamani.

Narsis dikit

Gue mesen aglio e olio + mint tea, si Ardi gorengan (?) sama kopsus
Aglio e olionya surprisingly enyakkkk

Another konten pacaran wkwkwk

Kami di Kava Kintamani cuma sampe jam 1 siang. Kelarnya langsung caw ke Pasar Seni Ubud, untungnya gak ujan walaupun menang agak mendung.

Jarak ke Pasar Seni Ubud ternyata 33km wkwk kok diingatan gue deket ya, ternyata jauh dong 😳

Perjalanan makan waktu sejam, nyampe Pasar tuh jam 2 siang. Gue baru tau, bentuknya ternyata kayak pasar kaget, ada yang di ruko ada yang gelar di jalan aja gitu. Kanan kiri penuh sama tukang jualan souvenir, baju barong, dater, tas, gelang, dan lain sebagainya.

Ini beberapa foto yang gue ambil

Balik-balik bawa tentengan: daster, baju barong, celana pendek, 1 pack oil diffuser, alat musik (entah apa namanya wkwk, Ardi seperti biasa jajan lebih banyak dari gue πŸ˜—

Jam setengah4 sore cabut dari pasar seni ubud, rencana awal kami langsung balik ke arah kuta lagi untuk swab antigen karena besokannya udah harus balik ke Jakarta.

Gue & Ardi malah ngide pake segala mampir ke Krisna dulu buat beli oleh-oleh, pas sampe udah dalam keadaan agak basah karena keujanan, masuk-masuk celana basah setengah, sepatu sneakers gue juga udah banjir, tapi tetep hajar belanja karena nanggung coy udah nyampe situ wkwkwk.

Buat yang ngira gue hedon jajan banyak buat diri sendiri....kalian salah banget weey. Yang gue ambil adalah: Setelan baju dan celana pendek barong buat ponakan gue berjumlah 6 bocil(iyeee banyak), 1 celana pendek buat ponakan gue yang SMP, atasan buat bapake, kacang 2 bungkus, gantungan (banyak), entah total berapa ratus rebay, gue ga inget πŸ˜‚

Balik dari Krisna gue & Ardi swab antigen dulu, ternyata di sana udah ada Galuh & Ulfa yang daritadi emang di sana selama gue dan Ardi belanja. Pas kelar mereka langsung caw balik ke hotel duluan. Gue dan Ardi? Ngide lagi masih mau cari Pie Susu (karena di Krisna ludes bgt), abis beli pie susu juga sempet beli makan malem dulu di warung pecel ayam lalap gitu di samping ruko yg jualan pie. Balik kamar masih harus pada packing buat balik besok 😭😭 Asli ini mah hari tercapek gue selama liburan. Kelar packing langsung tak sadarkan diri di kasur karena capeeeek bgtbgt.

DAY 9 - 2 Januari 2022

Alhamdulillah banget, untung banget sengaja nyari hotel yang deket bandara, jadi ga ada masalah apapun selama berangkat. Jarak ke Ngurah Rai cuma 2km wkwkkw

Ardi: ijo, gue: Merah + oleh-oleh warna oren. Btw itu yang panjang adalah standing tripod yang gue bawa untuk foto2, ujung2nya malah ga dipake SAMA SEKALI wkwk

SiskArdi di Pesawat SuperAirJet (UwU)

Penyakit gue tetep sama: Overpack πŸ˜€πŸ‘
Ulfa gua rasa cuma bawa hape. Lah gue? Minum, hape, powerbank, antis, earphone, softlens, kacamata, pelindung sepatu, obat, parfum, makeup WKWK ga heran deh

SooOoOOoo00ooOOo itulah perjalanan panjang gue ke Bali, banyak banget yang gue bisa syukuri selama perjalanan ini:
1) Ditemenin orang tersayang
2) Dikasih rejeki yang cukup untuk bisa ngerasain perjalanan ini
3) Dikasih izin & waktu senggang untuk ini semua
4) Kulit gue lagi ga ngambek, ga kebayang jalan-jalan dengan muka breakout
5) Alhamdulillah punya banyak tenaga buat ngerasain capek yang menyenangkan ini, padahal biasanya ga kuat dan klemar-klemer mlehay-mlehoy :( wkwkw
6) Ada Ardi yang selalu disamping gue, ada Ulfa & Galuh yang udah hapal jalan & bahasa, jadi apapun dipermudah dan diper-murah 😎
7) Alhamdulillah bisa pulang dengan keadaan sehat walafiat tanpa suatu kekurangan apapun

Intinya perjalanan liburan ini salah satu hal terbaik yang terjadi dalam hidup gue, yang ga akan pernah gue lupain sampe kapanpun. Gue ga mau liburan ini cuma diinget sebatas dari foto atau ingatan samar-samar aja, gak mau. Makanya gue buat postingan ini karena mau inget setiap momen dari setiap foto yang gue ambil.

Gue juga berharap ini bukan pengalaman ter-paling baik, berharap kedepannya ada pengalaman yang lebih baik dan lebih seru lagi.

Anyway, thank you so much buat yang udah baca (emg ada? wkwk). Btw rute dan cara-cara yang gue ambil selama vacation ini gak honeymoon-friendly ya, karena banyakan capek dan seru2annya daripada ayang2annya wkwk, you guys need more stamina for the night, rite?πŸ˜‹